Uswah Khasanah

Posted: 21 Maret 2012 in MAM in News

Adalah sebuah contoh yang baik atau sebagai contoh, menjadi contoh, wujudkan contoh (suri tauladan yang baik). Bagaimanapun penerjemahannya, Islam telah menawarkan konsep uswah khasanah dalam berbagai dimensi kehidupan. Sebagai teladan yang baik hendaknya terlahir dari setiap insan yang menghuni dunia ini bahkan seakan dapat disejajarkan dengan rahmatan lil alamin. Artinya ketika seseorang mampu memiliki uswah khasanah sebenarnya ia telah menebar kebaikan (rahmat) bagi seluruh alam.
Belakangan agak sulit mencari sosok yang dapat dijadikan sebagai uswah. Bagaimana tidak ketika orang yang mengaku ahli syari’at Islam terkadang justru menjadi monster bagi masyarakat. Mereka menakuti dengan segala tingkah polahnya yang katanya demi sebuah kebenaran. Islam itu Ta’muruuna bil Ma’ru…f watanhauna anil munkar. Ayat ini mendahukan untuk mengajak kepada hal-hal yang baik, menjadi baik, saling berbuat baik atau muncul kebaikan dari diri sendiri. Baru yang kedua mencegah segala keburukan, kemunkaran dll. Dari dua bagian penggalan ayat tersebut dapat diambil pengertian dengan meminjam istilah Ibda’ Binafsik, berarti memulai dari sendiri itu lebih baik daripada mendahulukan dakwah kepada orang lain. Sebelum mencegah kemungkaran hendaknya mampu manahan hawa nafsunya sendiri untuk merusak, mencaci, dan emosional. Tentu Islam tidak mengajarkan setiap manusia untuk melampiaskan nafsunya dalam bentuk apapun juga (berlebihan). Maka menjadi sulit debedakan antara ulah model da’i dan model preman.
Uswah khasanah sudah semestinya menjadi bagian penting dari sistem berbangsa baik secara vertikal maupun horisontal, baik topdown maupun bottom up. Semua akan baik-baik saja asalkan setiap insan masih mampu mempertingkan Nilai-Nilai Islam dan pancasila.Lihat Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s